Mukadimah Seri Falsafatuna

A’udzubillahiminassyaithanirrajim
Bismillahirrahmanirrahim

Falsafatuna adalah sebuah hasil pemikiran seorang filosof muslim abad ke-20, Muhammad Baqir As-Sadr yang juga sekaligus perumus salah satu mazhab teori ekonomi islam dalam karyanya yang lain, Iqtisaduna. Falsafatuna merupakan sebuah pandangan terhadap pelbagai aliran filsafat dunia. Seperti yang dikutip dari sinopsis buku Falsafatuna terbitan Mizan, “Falsafatuna adalah buku filsafat yang membahas masalah pengetahuan dan watak alam semesta. Dengan mendasarkan pada nilai positif dan peran logika, serta menggali secara ekstensif tradisi filsafat islam, penulis mengkritik empirisme, materialisme-dialektis, dan aliran-aliran pemikiran lain yang meruyak di dunia saat ini.”

Falsafatuna menjelaskan pandangan penulis mengenai kritik atas berbagai paham yang berkembang saat itu di tengah masyarakat dunia serta pandangan penulis mengenai filsafat islam sebagai sistem sosial yang dapat diimplementasikan di tengah kehidupan masyarakat. Sebagai bahan pembahasan, saya merujuk pada buku Falsafatuna edisi kedua cetakan pertama tahun 2014 dari penerbit Mizan. Buku ini diterjemahkan dari cetakan bahasa inggrisnya yang dialihbahasakan oleh Shams C. Inati.

Semenjak awal, penulis telah menyampaikan kepada pembaca agar tidak membaca karya ini sebagaimana membaca novel. Karena banyak dalam karya ini yang perlu diresapi dan direnungkan kebenarannya dari berbagai uraian penulis. Pada dasarnya sang penerjemah Shams C. Inati telah menyampaikan bahwa karya ini diterjemahkan dengan mempertahankan sisi-sisi kebahasaan aslinya, sehingga untuk struktur penulisan kata-kata masih condong kepada struktur bahasa arab. Ini menyebabkan buku ini perlu dibaca berulang-ulang oleh orang-orang yang tidak terbiasa dengan buku terjemahan yang struktur penulisan bahasanya menggunakan struktur bahasa arab untuk bisa mengerti apa yang hendak disampaikan penulis. Karya ini juga merupakan serial yang tak pernah terselesaikan karena beberapa sebab, salah satunya adalah dieksekusimatinya penulis oleh rezim pemerintah saat itu.

Saya mulai tertarik untuk (kembali) membuka buku lama saya ini setelah dulu saya tinggalkan karena kekurangwawasan saya yang menyebabkan sulit dicernanya isi buku. Terlebih dengan bahasa terjemahannya yang wuiih. Belakangan karena semakin derasnya arus pemikiran sana-sini yang berseliwer di sekitar lingkungan, saya mulai melirik kembali buku yang saya sempat tinggalkan ini untuk mempelajari rasionalitas dan kebenaran paham-paham yang ada di berseliwer ini sekaligus menjadi jendela untuk menyelami khazanah filsafat islam dalam pandangan Baqir Sadr. Banyak buku-buku serta forum diskusi yang membantu mendewasakan pemikiran saya untuk lebih bisa memahami isi buku ini. Salah satu buku yang benar-benar membantu memahami “rimba” struktur bahasa buku ini adalah Dunia Sophie karya Jostein Gaarder. Gaya bahasa yang cenderung tidak terlalu berat dalam balutan sebuah novel serta isinya yang membahas perkembangan filsafat eropa semenjak zaman Sokrates benar-benar terasa membantu sebagai wawasan pijakan sebelum masuk kepada Falsafatuna.

Saya menuangkan hasil pembacaan di sini adalah sebagai pengikat dari apa yang telah saya baca, supaya ada rujukan kalau-kalau suatu saat lupa gitu ceritanya. Supaya memudahkan dibaca, kalau-kalau ada yang berminat membaca ulasan saya juga, saya berusaha membahasakan dengan bahasa-bahasa yang lebih mudah dicerna oleh pembaca yang masih agak asing dengan istilah-istilah dalam keilmuan filsafat.

Terlepas dari berbagai kekurangannya, saya juga mengucapkan terima kasih atas peran orang-orang yang berkontribusi dalam penerbitan karya monumental ini dalam bahasa Indonesia -terutama kepada pihak Mizan selaku penerbit serta kepada Smith Alhadar selaku penerjemah.

Akhirul kalam, saya juga masih seorang awam yang mencoba mempelajari filsafat. Kalau ada yang keliru dari tulisan saya mangga dikoreksi. Saya sangat terbuka atas saran pembaca sekalian. Semoga apa yang saya tulis di sini dapat memberi manfaat.

Ilham Fathur Ilmi
Malang, 7 Maret 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s