Belajar Falsafatuna #1: Refleksi Filsafat Islam sebagai Sistem Sosial dalam Perspektif As-Sadr

“Jadi, ciri dasar sistem Islam direpresentasikan dalam bentuk pijakannya pada pemahaman kehidupan spiritual dan pengertian kehidupan moral. Pengertian utama sistem ini ialah mempertimbangkan individu maupun masyarakat, dan menjamin keseimbangan antara kehidupan individu dan kehidupan sosial. Individu tidak dianggap prinsip sentral dalam membuat undang-undang dan memerintah, eksistensi sosial yang besar juga bukan satu-satunya hal yang diberi perhatian oleh negara dan bukan demi mereka negara menetapkan hukum-hukumnya” (Our Philosophy, As-Sadr)

Yang jadi kekhasan filsafat islam sebagai sistem sosial adalah kesetimbangan antara objek yang menjadi perhatian utama yakni kepentingan individu sekaligus kelompok. Yang miss dari materialisme sejauh bacaan2 ringan saya selama ini adalah tidak dianggapnya nilai2 yang tak dapat diindera seperti perasaan.

Menurut Sadr, cinta-diri merupakan hal yang tumbuh secara fitrah manusia semenjak manusia lahir. Bahkan sosok2 mulia yang ‘seolah-olah’ rela mengorbankan kepentingan dirinya demi menolong orang lain, tindakannya itu berdasarkan naluri cinta-diri. Dimana ketika sosok2 tersebut menolong orang lain, mereka mendapatkan pemenuhan kebutuhan berupa perasaan bahagia, tenang dan damai ketika bisa menolong dan berguna bagi orang banyak.

Kalau Marx mengatakan agama adalah candu, menurut saya yang awam ini mungkin lebih tepat kalau agama itu pandu. Tapi itu agama sebagai ajaran dalam perspektif islam. Hal itu bukan sepenuhnya pengetahuan dogmatis, karena islam sebagai agama menanamkan konsep ridha Ilahi yang ketika manusia telah tertanam konsep ini dalam sanubarinya maka dengan cinta-dirinya manusia dengan suka hati menghidupkan nilai2 di tengah masyarakat sehingga kebutuhan pribadinya sekaligus kebutuhan kelompok terpenuhi dengan seimbang.

Wallahu a’lam bisshawab

Malang, 4 Maret 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s